Pelaksanaan Ujian CPNS Online Menggunakan Aplikasi UKG

Posted on : 11/02/2015 | post in : CAT CPNS |Leave a reply |

Pelaksanaan Ujian CPNS Online di Kabupaten/Kota Menggunakan Aplikasi UKG Terintegrasi CAT~Seluruh pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2014 harus menggunakan Sistem Computer Assisted Test (CAT). Hal ini berbeda dengan tahun sebelumnya dimana instansi pusat/daerah yang akan menerima CPNS boleh memilih seleksi secara online atau offline disebabkan karena keterbatasan ketersediaan infrastruktur pendukung CAT. Namun tahun 2014 ini, seluruh seleksi CPNS baik ditingkat pusat maupun daerah wajib menggunakan sistem CAT. Ujian online menggunakan sistem CAT ini akan dilaksanakan di 486 titik diseluruh Indonesia.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) baru siap melaksanakan ujian online menggunakan sistem CAT di 150 titik saja. Karena keterbatasan ini maka Kemen PAN RB bekerjasama dengan Kemendikbud untuk memanfaatkan fasilitas Uji Kompetensi Guru (UKG) sebagai fasilitas tempat pelaksanaan ujian online CPNS. Fasilitas UKG ini adalah fasilitas uji kompetensi bagi guru-guru diseluruh Indonesia yang dinilai telah berhasil dilaksanakan di TUK (tempat uji kompetensi) yang berlokasi disekolah-sekolah yang ditentukan. Yaitu sekolah-sekolah yang memiliki infrastruktur komputer dan jaringan yang memadai. Fasilitas uji kompetensi guru (UKG) milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini nantinya akan menyelenggarakan ujian online CPNS di 336 titik, yang umumnya berlokasi di kabupaten/kota.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang  tahun 2013 baru memiliki 640 unit fasilitas CAT, tahun ini ditingkatkan menjadi 1.215 PC yang siap dioperasikan untuk pelaksanaan seleksi ASN 2014. PC tersebut 125 unit berada di Kantor Pusat BKN, 50 unit PC di Kanreg V BKN Jakarta, 40 unit PC di Kanreg IX BKN Jayapura dan 1.000 unit PC lainnya tersebar di 10 Kanreg BKN. Dari ketersediaan infrastruktur CAT di BKN baik pusat maupun regional, artinya BKN baru mampu memfasilitasi seluruh kementerian/lembaga dan pemerintah daerah, baik provinsi maupun  kabupaten/kota yang telah mengajukan permohonan fasilitasi CAT-BKN. Secara keseluruhan, fasilitas CAT BKN bisa menjangkau 150 titik yang tersedia di seluruh provinsi dan kabupaten/kota. Karenanya selain fasilitas BKN, Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) juga akan memanfaatkan fasilitas Uji Kompetensi Guru (UKG) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  yang tersebar di 336 titik Kabupaten/Kota. Untuk Tes Kompetensi Dasar (TKD) Kementerian/Lembaga Panselnas akan dilakukan di 68 titik, provinsi di 28 titik, dan 390 titik untuk Kabupaten/kota.

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Theme Designed Bymarksitbd